e-wayang: Sebuah Pendekatan Tatah dan Sungging Wayang secara Digital

    Pahatan Digital, sebuah pendekatan eksplorasi efek pahatan pada wayang.

    e-wayang sebagai metode adalah upaya rekayasa pendekatan pembuatan wayang menggunakan perangkat digital. e-wayang memfokuskan untuk mentransformasikan metode, panduan dan pakem pembuatan wayang tradisional ke dalam format digital.

    Upaya transformasi ini senantiasa berpijak pada proses-proses pembuatan wayang sebagaimana disebutkan pada bagian Wujud Kriya Wayang Kulit. Dengan demikian dalam e-wayang masih bisa terdapat corekan, pahatan dan sunggingan. e-wayang memang tidak tergantung pada format file tertentu, tetapi sejauh format file bisa mendukung penyimpanan data corekan, pahatan dan sunggingan maka format file ini bisa digunakan sebagai format e-wayang.

    Contoh penggunaan layer di photoshop

    Sebagian perangkat lunak pengolahan gambar telah mendukung fasilitas layer/lapisan. Lapisan adalah tumpukan gambar yang mendukung gambar transparan, sehingga memungkinkan untuk melakukan pengolahan dan manipulasi obyek gambar untuk dikombinasikan dengan gambar pada lapisan yang lain. Urutan lapisan menunjukkan urutan gambar yang terlihat. Dengan teknologi ini memungkinkan kita untuk memanipulasi gambar pada satu lapisan maupun beberapa lapisan sekaligus. (Obermeier, 2010).